Sabtu, 16 Februari 2013

ASTER

Bunga Kelahiran September
Bunga aster dalam berbagai macam jenisnya mencakup sekitar 600 species dari keseluruhan keluarga asteraceae. Ketinggian bunga aster bisa mencapai dari 5 inci (13cm) sampai dengan 8 kaki (2.4m) tergantung dari jenis spesisnya. Nama bunga ini aster berasal dari bahasa Yunani yang artinya bintang (a-star = aster), dikenal juga sebagai starwort, michaelmas daisy atau bunga beku. Bunga aster ini mempunyai keunikan atas warnanya yang ungu tapi juga bisa ditemui dalam warna lain seperti biru dan putih. Bunga aster sangat berkaitan dengan bunga chrysanthemum atau dikenal di Indonesia dengan nama krisan, krisanthemum atau bunga seruni.

Sekilas kita akan mengalami kesulitan membedakan bunga aster dengan bunga krisan tapi jika kita telusuri lebih cermat kita akan tahu perbedaannya. Aster Cina adalah salah satu jenis bunga aster yang paling banyak ditemui dan jenis bunga aster yang dijumpai dari toko bunga sampai kebun. Tingginya 6-36 inci dan berasal dari Cina dan Jepang. Bunga aster ini juga merupakan salah satu bunga yang sering digunakan untuk berbagai acara seperti pernikahan, perhiasan tahun imlek dan lain lain.

Bunga aster adalah bunga kelahiran bulan september (sama halnya seperti batu safir), dan dianggap memiliki arti kesabaran, kasih sayang, dan keberuntungan. Bunga aster juga diberikan sebagai hadiah ulang tahun pernikahan ke 20. Suatu kepercayaan lama bahwa mambakar daun aster akan mengusir ular dan dalam tradisi Prancis meletakkan bunga aster diatas makam seorang tentara adalah sebagai penghormatan atas keberaniannya.
 

0 komentar:

 
Free Flower Cursors at www.totallyfreecursors.com